Featured Post

Pengertian Gurindam

Image
Gurindam adalah salah satu jenis puisi Melayu lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Baris pertama menyatakan perbuatan dan baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut. Gurindam berasal dari India yang memiliki makna suatu sajak dua baris seuntai, serupa dengan pantun kilat. Menurut KBBI, gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, misalnya baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan (KBBI, 2008: 469). Sama halnya seperti karya sastra lainnya, gurindam bertujuan sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ciri-ciri Gurindam Terdiri atas dua baris/larik dalam satu bait Rima akhirnya berpola a-a Sempurna hanya dengan dua baris saja Baris pertama berisi sebab (perbuatan) dan baris kedua berisi akibat Berisi nasihat dan bersifat mendidik Jenis-jenis Gurindam Gurindam berangkai Gurindam ini diawali dengan kata yang sama pada baris pertama setiap baitnya. Contohnya, Hiduplah dengan menaati aturan Hiduplah dengan menghargai saran G

Menggunakan Kata Bentukan

Kata bentukan sering digunakan dalam susunan frasa, kalimat, dan paragraf. Kata bentukan yang sering disebut dengan kata berimbuhan atau ber-afiks adalah bentuk terikat yang ditambahkanpada dasar kata berupa awalan, sisipan, akhiran, dan gabungan imbuhan.



Ada 4 hal yang harus diperhatikan ketika membicarakan imbuhan, yaitu fungsi, proses, makna, dan penggunaannyadalam kalimat. Imbuhan yang melekat pada kata memiliki beberapa fungsi berikut.
Paragraf yang rumpang dapat dilengkapi dengan kata bentukan yang tepat. Penggunaan kata bentukan tersebut sebaiknya memerhatikan makna kata serta konteks kalimatnya, terutama dengan kata sebelum atau sesudahnya. Selain itu, kawan-kawan perlu memerhatikan kebakuan kata bentukan yang akan digunakan tersebut.

Contoh :
No. 1
Akibat pembabatan hutan yang terus berlangsung, usaha …. orang utan Kalimantan (pongopymaeus) …. ancaman serius. Sejumlah lembaga penyelamat satwa liar dan pemerintah kini sulit mendapat hutan untuk orang utan sehingga dirawat di pusat rehabilitasi. Beberapa waktu yang lalu sebanyak seribu orang utan telah .… ke hutan.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
a. menyelamatkan, berhadapan, kembalinya
b. penyelamatan, menghadapi, dikembalikan
c. diselamatkannya, dihadapkan, mengembalikan
d. keselamatan, menghadapkan, pengembalian
e. menyelamatkan, menghadapi, kembalikan
Jawaban b. penyelamatan, menghadapi, dikembalikan

No. 2
Wisatawan tentu ingin belanjaan oleh-oleh di lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Di sana banyak pedagang kaki lima yang berjual aneka macam permainan anak-anak seperti boneka, topi, tas, kerajinan dari batu, pernak-pernik, alat music angklung, serbuk belerang (obat alternatif penyakit kulit), tanaman bonsai, dan baju bermotifkan Gunung Tangkuban Perahu. Selain itu, pengunjung dapat pula mendaki gunung dengan naik kuda. Di situ juga terdapat bersewaan kuda tunggangan yang dapat mengantarkan pengunjung mendaki gunung.
Pengganti kata berimbuhan yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah….
a. Belanjakan, jualan, penyewa
b. Berbelanja, menjual, penyewaan
c. Membelanjakan, menjualkan, menyewakan
d. Belanjakan, menjual, menyewakan
e. Berbelanja, menjualkan, persewaan
Jawaban b. berbelanja, menjual, penyewaan

Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kalimat

Teks Cerita Sejarah

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Ejaan