Featured Post

Pengertian Gurindam

Image
Gurindam adalah salah satu jenis puisi Melayu lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Baris pertama menyatakan perbuatan dan baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut. Gurindam berasal dari India yang memiliki makna suatu sajak dua baris seuntai, serupa dengan pantun kilat. Menurut KBBI, gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, misalnya baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan (KBBI, 2008: 469). Sama halnya seperti karya sastra lainnya, gurindam bertujuan sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ciri-ciri Gurindam Terdiri atas dua baris/larik dalam satu bait Rima akhirnya berpola a-a Sempurna hanya dengan dua baris saja Baris pertama berisi sebab (perbuatan) dan baris kedua berisi akibat Berisi nasihat dan bersifat mendidik Jenis-jenis Gurindam Gurindam berangkai Gurindam ini diawali dengan kata yang sama pada baris pertama setiap baitnya. Contohnya, Hiduplah dengan menaati aturan Hiduplah dengan menghargai saran G

Teks Eksposisi Laporan


TEKS EKSPOSISI LAPORAN



A.    DEFINISI TEKS EKSPOSISI LAPORAN :
·      Paragraf yang menjelaskan atau mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penilitian tertentu.
·      Paragraf yang dibuat oleh penulis dengan bentuk rincian yang disertai dengan data-data yang valid, serta tidak memiliki pendapat satupun didalamnya hanya membuat data-data yang ada dalam bentuk paragraf.

B.     CIRI-CIRI TEKS EKSPOSISI LAPORAN :
·       Menjelaskan atau mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
·       Dibuat dengan bentuk rincian yang disertai dengan data-data yang valid.
·       Tidak memiliki pendapat satupun didalamnya “ hanya membuat data-data yang ada dalam bentuk paragraf ”.
·       Biasanya terdapat pada teks artikel berita ataupun artikel rekapitulasi.

C.    TUJUAN TEKS EKSPOSISI LAPORAN :
·       Untuk menjelaskan atau mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu, dengan tujuan untuk menambah wawasan kepada para pembaca.
·       Untuk memberitahukan atau menjelaskan kegiatan pengamatan yang dilakukan.

D.    CONTOH TEKS EKSPOSISI LAPORAN : 

Contoh teks 1
·       Di musim kemarau seperti sekarang ini, para petani di Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah sibuk bertani bawang merah. Sawah yang tadinya ditanami padi, kini berganti ditanami bawang merah. Tanah sawah yang sudah mulai mengering dibuat gundukan berukuran lebih kurang satu kali enam meter persegi panjang. Setiap hari para petani menyirami tanaman bawang merah dengan harapan hasilnya dapat diandalkan.

Contoh teks 2
·       Serangan sporadis mewarnai pelaksanaan pemilihan umum di Afganistan, 20 Agustus 2009. Sejumlah kekerasan dilaporkan diantaranya terjadi di tempat pemungutan suara di Kota Kandahar dan ibukota Kabul. Serangan militan juga terjadi di Provinsi Baghlan. Para teroris menyerang dari berbagai arah. Baku tembak terjadi sejak pagi. Namun, sore hari musuh dapat didesak mundur. “ Kami berhasil menewaskan 22 teroris,” ujar Muhamad Kabir Andarabi, Kepala Kepolisian Provinsi Baghlan (Media Indonesia, 21 Agustus 2009).

Contoh teks 3
·      Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta kemarin tidak menimbulkan hal yang berarti. Gempa berkekuatan 5.2 SR ini tidak berpotensi terjadi tsunami. Namun masyarakat tetap waspada apabila terjadi gempa susulan. tusukan di bagian perut dan dada.

Contoh teks 4
·      Pabrik plastik yang terletak di Yogyakarta tadi malam (18/07) terjadi kebakaran. Hal ini diduga akibat ada seseorang yang sengaja membakarnya berdasarkan data dari CCTV. Dan diperkirakan kerugian kebakaran ini mencapai ratusan juta rupiah. 7 unit mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan dan dapat dipadamkan setelah1 jam.

Contoh teks 5
·      Seorang yang berinisial Y kemarin (17/09) menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap R. Seorang yang mahasiswa yang tinggal di Jakarta ini diduga melakukan pembunuhan karena cemburu terhadap kekasihnya.Sehingga ia membawanya ketempat sepi lalu menusuknya dengan pisau sampai 3 kali.

Contoh teks 6
·      Tanggul waduk Mrican Banjarnegara yang jebol dini hari pukul 06.00 WIB menyebabkan 30 desa di Kabupaten Banjarnegara terkena Banjir. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apakah ada korban atau tidak, namun hal yang terjadi pada Senin (09/06) ini membuat banyak rumah yang hancur. Hal ini terjadi karena waduk tidak bisa menahan debit air yang terlalu deras dari aliran sungai serayu.

Contoh teks 7
·      Banjir bandang yang terjadi di Jakarta ini memang menjadi agenda tahunan. Namun warga Jakarta tidak pernah melakukan penanggulangan terhadap masalah banjir ini. Salah satunya ialah warga masih gemar membuang sampah sembarangan di sungai. Seperti pengamatan kami pada tanggal 22 Juni kemarin. Kami masih melihat banyaknya orang yang gemar membuang sampah sembarangan.

Contoh teks 8
·      Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada tanggal 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Wayang dapat dibedakan berdasarkan bahannya yaitu wayang kulit, yang terbuat dari kulit hewan ternak, wayang wong berarti wayang yang ditampilkan oleh orang, wayang golek, wayang suket dan wayang motekar.

Contoh teks 9
·      Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik.
Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau
undegradable
Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya.

Contoh teks 10
·      Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Proses ini tidak membutuhkan perkawinan. Dengan kata lain, Amoeba tidak perlu amoeba lainnya untuk berkembang biak. Hal ini dikarenakan hewan ini memiliki sebuah sel yang disebut dengan inti sel. Sel ini lah yang nantinya akan membelah menjadi dua. Sel tersebut akan memisah dan membentuk dua kutub yang saling menjauh. Pada saat sel inti hampir benar – benar terpisah, terbentuklah dua buah amoeba yang akan saling melepas satu sama lain. Proses pembelahan sel ini memakan waktu yang relatif lama.

Contoh teks 11
·      Penerbangan Boing 701 milik Garuda Airlines hilang dalam penerbangan dari Indonesia, Malaysia, menuju Beijing, China, Sabtu (10/12/2015) pagi. Di antara 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut, terdapat 60 orang Indonesia. Sebelumnya disebutkan, penumpang berasal dari 8 negara. Namun, daftar berikut menyertakan data yang menyebutkan 9 kewarganegaraan. Berikut ini adalah rincian asal negara penumpang dan jumlahnya:
1.China 50 orang dan 1 bayi
2. Malaysia 20 orang
3. Indonesia 57 orang dan 3 bayi
4. Australia 10 orang
5. Perancis 10 orang
6. Amerika Serikat 2 orang dan 1 bayi
7. Selandia Baru 2 orang
8. Ukraina 2 orang
9. Kanada 2 orang

                   Contoh teks 12
·      Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan telah banyak diteliti, salah satunya dilakukan oleh Universitas Federal Technology Nigeria. Penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan steroid yang terdapat pada daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk meringankan memar, luka sayat, benturan, juga lebam.

       Contoh teks 13
·      Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

E.     ANALISIS TEKS EKSPOSISI LAPORAN :
·       Serangan sporadis mewarnai pelaksanaan pemilihan umum di Afganistan, 20 Agustus 2009. Sejumlah kekerasan dilaporkan diantaranya terjadi di tempat pemungutan suara di Kota Kandahar dan ibukota Kabul. Serangan militan juga terjadi di Provinsi Baghlan. Para teroris menyerang dari berbagai arah. Baku tembak terjadi sejak pagi. Namun, sore hari musuh dapat didesak mundur. “ Kami berhasil menewaskan 22 teroris,” ujar Muhamad Kabir Andarabi, Kepala Kepolisian Provinsi Baghlan (Media Indonesia, 21 Agustus 2009).

·       nomina ( kata benda ) : serangan sporadis, kekerasan, serangan militan, para teroris, musuh, 22 teroris
·       adverbia ( kata keterangan ) : di Afganistan, tempat pemungutan suara di kota Kandahar, dan ibu kota Kabul, provinsi Baghlan, sejak pagi, sejak sore
·       verba ( kata kerja ) : menyerang, baku tembak, menewaskan
·      pronomina ( kata ganti ) : kami

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kalimat

Teks Cerita Sejarah

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Ejaan