Featured Post

Pengertian Gurindam

Image
Gurindam adalah salah satu jenis puisi Melayu lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Baris pertama menyatakan perbuatan dan baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut. Gurindam berasal dari India yang memiliki makna suatu sajak dua baris seuntai, serupa dengan pantun kilat. Menurut KBBI, gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, misalnya baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan (KBBI, 2008: 469). Sama halnya seperti karya sastra lainnya, gurindam bertujuan sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ciri-ciri Gurindam Terdiri atas dua baris/larik dalam satu bait Rima akhirnya berpola a-a Sempurna hanya dengan dua baris saja Baris pertama berisi sebab (perbuatan) dan baris kedua berisi akibat Berisi nasihat dan bersifat mendidik Jenis-jenis Gurindam Gurindam berangkai Gurindam ini diawali dengan kata yang sama pada baris pertama setiap baitnya. Contohnya, Hiduplah dengan menaati aturan Hiduplah dengan menghargai saran G

Teks Nonfiksi


Buku nonfiksi, contohnya buku pelajaran, ilmiah popular, atau biografi. Buku-buku tersebut menggunakan fakta-fakta dan pendapat-pendapat penulis yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmuan (objektif). Jadi, Buku nonfiksi adalah buku yang berdasarkan fakta dan bersifat objektif.
Karangan nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita , atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi kebahasaan, teks nonfiksi menggunakan kata-kata lugas, bermakna apa adanya, tidak mengalami pergeseran ataupun penambahan sepeerti halnya yang biasa digunakan dalam karya-karya fiksi.
Ø  Ciri-ciri tulisan nonfiksi :
§  Biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan sebagainya.
§  Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf obyektifitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.
§  Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
Ø  Karakteristik teks nonfiksi :
§  Berisi penjelasan tentang suatu hal atau objek tertentu yang factual.
§  Penjelasan berupa fakta ataupun gagasan/pendapat-pendapat.
§  Dapat dilengkapi dengan gambar-gambar, seperti grafik, table, atau diagram.
Ø  Bagian-bagian teks nonfiksi :
§  Pendahuluan, berisi latar belakang atau pengenalan tentang tema yang akan dipaparkan.
§  Pembahasan, berupa uraian terperinci tentang tema yang dipilih.
§  Penutup, berupa kesimpulan sekaligus harapan penulis tentang tema yang telah dipaparkan.
Ø  Unsur-unsur nonfiksi :
§  Cover buku
§  Rincian subbab buku
§  Judul subbab
§  Isi buku
§  Cara menyajikan isi buku
§  Bahasa yang digunakan
§  Sistematika penulisan
Untuk menemukan butir-butir dalam buku nonfiksi, diperlukan teknik, teknik yang dimaksud adalah SQ3R. SQ3R adalah singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, Review/Reflection.
Ø  Langkah-langkah dalam memahami gagasan utama dalam sebuah buku :
·      Membaca secara sekilas untuk menemukan kesan umum novel.
·      Mengajukan sejumlah pertanyaan berkenaan dengan unsur-unsur novel itu.
·      Membaca bagian demi bagian novel secara keseluruhan dengan penuh penikmatan (apresiasi).
·      Mencatat bagian-bagian penting, terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang dipertanyakan.
·      Mengembangkan catatan menjadi sebuah ringkasan (synopsis).

Contoh buku nonfiksi
IDENTITAS BUKU
Judul Buku       : Tips & Trik Jago Main Rubik
Penulis             : Wicaksono Adi
Penerbit           : Gradien Mediatama
Cetakan           : 1, 2009
Tebal               : 184 halaman

PENULIS
Wicaksono Adi, lahir di Semarang pada 6 Oktober 1986. Di komunitas rubik Indonesia dan internasional, ia dikenal dengan nama panggilan Chuck. Mulai mengenal rubik pada Maret 2009, dengan segera ia jatuh cinta dengan permainan ini serta komunitasnya.

PENDAHULUAN
Buku “Tips & Trik Jago Main Rubik” ini hadir sebagai solusi jitu dan komplit. Buku ini akan menjadi teman akrab Anda dalam menyelami permainan rubik, mulai dari nol hingga mahir. Dari berjam-jan hingga mampu menyelesaikannya dibawah 20 detik, bahkan dengan mata tertutup.

SINOPSIS
Rubik adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan segera, rubik menciptakan sensasi internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia memiliki konsep yang sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sulit untuk diselesaikan.
Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di antaranya American Rubik’s Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik’s Cube Championship (Maret 1982). Puncaknya, pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, di mana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh rubik. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik.
Ketertarikan publik pada rubik mulai memudar menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern. Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual (belum termasuk merk-merk tiruannya!), menjadikannya diakui sebagai permainan puzzle terlaris di dunia. Bahkan rubik juga disebut-sebut sebagai mainan terlaris sepanjang masa, berdampingan dengan boneka Barbie.
Dengan kemunculan internet, rubik akhirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun 2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

IKHTISAR
Speedsolving adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Para pelakunya biasa disebut speedcuber. Bagi mereka, menyelesaikan rubik adalah sebuah olahraga ketangkasan. Mereka tidak hanya mengejar kesenangan, melainkan juga membuktikan diri dan 
meraih prestasi.

KELEBIHAN
  1. Banyak terdapat gambar yang menarik.
  2. Penjelasannya sangat rinci.
  3. Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.
KEKURANGAN
  1. Beberapa kata yang sulit dimengerti tidak terdapat pada bagian indeks.

Butir-butir penting dalam teks
Paragraf
Pokok Pikiran Paragraf
Paragraph 1
Dari berjam-jam hingga mampu menyelesaikannya dibawah 20 detik, bahkan dengan mata tertutup.
Paragraph 2
Ditemukan pada tahun 1974 oleh professor Erno Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria.
Paragraph 3
Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di antaranya American Rubik’s Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik’s Cube Championship (Maret 1982).
Paragraph 4
Ketertarikan publik pada rubik mulai memudar menjelang tahun 1990.
Paragraph 5
Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kalimat

Teks Cerita Sejarah

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Ejaan