Featured Post

Pengertian Gurindam

Image
Gurindam adalah salah satu jenis puisi Melayu lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Baris pertama menyatakan perbuatan dan baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut. Gurindam berasal dari India yang memiliki makna suatu sajak dua baris seuntai, serupa dengan pantun kilat. Menurut KBBI, gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, misalnya baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan (KBBI, 2008: 469). Sama halnya seperti karya sastra lainnya, gurindam bertujuan sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ciri-ciri Gurindam Terdiri atas dua baris/larik dalam satu bait Rima akhirnya berpola a-a Sempurna hanya dengan dua baris saja Baris pertama berisi sebab (perbuatan) dan baris kedua berisi akibat Berisi nasihat dan bersifat mendidik Jenis-jenis Gurindam Gurindam berangkai Gurindam ini diawali dengan kata yang sama pada baris pertama setiap baitnya. Contohnya, Hiduplah dengan menaati aturan Hiduplah dengan menghargai saran G

Proposal


Kata propoaal berasal dari bahasa inggris yang di dalam bahasa indonesia mempunyai pengertian usul; tawaran; rencana; perencanaan; pengajuan.
Proposal artinya rencana kerja yang ditulis secara sistematis, terperinci, dan formal mengenai rancangan suatu kerja atau kegiatan. Proposal berisi usalan mengenai program kerja dan bagaimana teknis pelaksanaanya.
Proposal bertujuan untuk mendapatkan persetujuan atau tujuan tertentu dari pihak yang berkepentingan.

Secara umum sistematika proposal :
  1. Latar belakang masalah
  2. Masalah dan tujuan
  3. Ruang lingkup kegiatan
  4. Kerangka teoritis dan hipotesis
  5. Metode
  6. Pelaksanaan kegiatan
  7. Fasilitas yang tersedia
  8. Keuntungan dan kerugian
  9. Waktu dan tempat pelaksanaan
  10. Anggaran
  11. Daftar pustaka
  12. Lampiran-lampiran
Sistematika proposal tersebut berbeda dengan sistematika proposal penelitian. Sistematika penulisan proposal penelitian :
  1. Latar belakang masalah
  2. Perumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Manfaat penelitian
  5. Landasan teori
  6. Metode penelitian
  7. Kerangka penulisan laporan
Kaidah kebahasaan proposal :
  1. Banyak menggunakan istilah ilmiah, baik berkenaan dengan kegiatan itu sendiri ataupun tentang istilah-istilah berkaitan dengan bidang keilmuannya.
  2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian), misalnya berlatih, mengisi, mendokumentasikan, mengamati, melakukan, dll.
  3. Menggunakan kata-kata yang menyatakan pendefinisian yang ditandai oleh penggunaan kata merupakan, adalah, yaitu, yakni, dll.
  4. Menggunakan kata-kata yang bermakna perincian seperti selain itu, pertama, kedua, ketiga, dsb.
  5. Menggunakan kata-kata bersifat "keakanan" seperti akan, diharapkan, direncanakan. Hal ini sesuai dengan sifat proposal sebagai suatu usulan, rencana, atau rancangan program kegiatan.
  6. Menggunakan kata-kata bermakna lugas (denotatif). Hal ini penting guna menghindari kesalahan pemahaman antara pihak pengusul dengan pihak tertuju atau penerima proposal.
Unsur-unsur dalam proposal :
  • Pendahuluan (Latar Belakang Masalah)
Dasar pemikiran diadakannya suatu kegiatan.
  • Masalah atau Perumusan Masalah
Gambaran dalam bagian pendahuluan, dasar pemikiran, atau latar belakang.
  • Tujuan
Mengungkapkan maksud diadakan kegiatan atau acara.
  • Sasaran
Ditujukan kepada siapa kegitan tersebut dilakukan.
  • Pelaksanaan atau Teknik Pelaksanaan
Cara menyelesaikan permasalahan yang diajukan dalam proposal.
  • Jadwal Pelaksanaan
Dibuat berdasarkan waktu, jenis kegiatan, dan orang yang menangani kegiatan.
  • Anggaran 
Biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang diungkapkan dalam proposal. 
  • Penutup 
Berisi kesimpulan, rangkuman, dan harapan terhadap apa yang disampaikan. Penutup juga berisi tempat, tanggal penyusunan propoaal, dan tanda tangan serta nama penanggung jawab proposal.

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kalimat

Teks Cerita Sejarah

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Ejaan