Featured Post

Pengertian Gurindam

Image
Gurindam adalah salah satu jenis puisi Melayu lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Baris pertama menyatakan perbuatan dan baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut. Gurindam berasal dari India yang memiliki makna suatu sajak dua baris seuntai, serupa dengan pantun kilat. Menurut KBBI, gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, misalnya baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan (KBBI, 2008: 469). Sama halnya seperti karya sastra lainnya, gurindam bertujuan sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ciri-ciri Gurindam Terdiri atas dua baris/larik dalam satu bait Rima akhirnya berpola a-a Sempurna hanya dengan dua baris saja Baris pertama berisi sebab (perbuatan) dan baris kedua berisi akibat Berisi nasihat dan bersifat mendidik Jenis-jenis Gurindam Gurindam berangkai Gurindam ini diawali dengan kata yang sama pada baris pertama setiap baitnya. Contohnya, Hiduplah dengan menaati aturan Hiduplah dengan menghargai saran G

Menyimpulkan Isi Teks Tersirat

Pada umumnya, suatu teks memiliki inti atau pokok isi. Hal itu bisa kita ketahui dengan menyimpulkan isi bacaan atau teks. Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan atau pendapat akhir berdasarkan uraian sebelumnya.

Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Simpulan harus sesuai dengan isi paragraf. Simpulan informasi tersirat dalam paragraf berupa maksud penulis, pandangan penulis, keberpihakan penulis, dan sebab akibat.


1. Memahami keberpihakan penulis atau menanggapi isi teks
Pada dasarnya, kamu membaca untuk memahami isi suatu teks atau bacaan. Memahami isi teks berarti menangkap isi teks tersebut dengan benar, dan harus mengetahui tujuan atau maksud kalimat dalam teks tersebut.
Bukti lain kamu memahami isi teks adalah kesanggupan kamu untuk memberikan tanggapan-tanggapan. Tanggapan-tanggapan tersebut dapat berupa persetujuan atau pernyataan penolakan. Untuk sampai pada tahap menanggapi bacaan, kamu memerlukan daya kritis ketika membacanya. Kamu tidak begitu saja menerima apapun menolak pernyataan-pernyataan yang dikemukakan penulis.
2. Membaca kesesuaian pernyataan dengan teks
Membaca sering kali didasari oleh rasa ingin tahu terhadap masalah yang dikemukakan dalam suatu teks. Misalnya, apa yang dimaksud mengenai istilah memorandum of understanding (MoU); atau faktor apa yang menyebabkan timbulnya krisis ekonomi menurut penulis?
Apabila membaca untuk menjawab pertanyaan semacam itu, maka perlu lebih teliti dan seksama dalam memahami setiap masalah yang kamu baca. Kamu perlu bersikap kritis, apakah yang dikemukakan penulis tersebut sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan itu. Membaca dengan didasari oleh pertanyaan-pertanyaan merupakan cara membaca yang sangat baik. Dengan cara demikian, kamu akan selalu waspada dan selalu siap pada setiap bagian yang dikemukakan dalam bacaan itu.
3. Menentukan fakta dan opini dalam sebuah teks
Sebuah teks perlu dipahami sedalm-dalamnya agar pembaca dapat memahami isinya dengan benar. Biasanya sebuah teks mengandung fakta dan opini. Fakta adalah keadaan suatu peristiwa yang merupakan kenyataan. Di dalamnya mengungkapkan sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta diungkapkan dengan kata-kata yang se-objektif mungkin. Sementara itu, opini atau pendapat adalah pikiran atau tanggapan terhadap sesuatu hal.

Contoh :
1. Bacalah paragraf berikut!
Dalam hal ini, kehadiran negara amat dibutuhkan untuk menertibkan kawasan penambangan emas di Gunung Botak, Kabupaten Buru, Maluku. Tim Kantor Kepresidenan dan Kementerian terkait serta Pemerintah Provinsi Maluku harus bisa memastikan perintah Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan itu dilaksanakan. Sebuah perintah harus tetap dilihat pelaksanaannya. Jangan beranggapan jika perintah sudah dikeluarkan, masalahnya selesai. Tanpa ada komitmen untuk mengamankan perintah Presiden, kewibawaan pemerintah akan terus digerogoti.
Pandangan penulis berdasarkan paragraf tersebut adalah …
a. Pemerintah Provinsi Maluku harus melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan di Gunung Botak.
b. Pemerintah setempat harus menimbang dahulu sebelum melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan.
c. Keputusan untuk menutup aktivitas penambangan di Gunung Botak tergantung oleh Pemerintah Provinsi Maluku, bukan atas perintah Presiden Joko Widodo.
d. Aktivitas penambangan di Gunung Botak akan tetap berjalan meskipun sudah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan tersebut.
e. Perintah Presiden Joko Widodo terhadap penutupan aktivitas penambangan di Gunung Botak belum tentu dilaksankan oleh masyarakat setempat.

Jawaban : a
Maksud atau tujuan penulis dapat diketahui berdasarkan kalimat-kalimat yang tersirat dalam paragraf.

2. Bacalah paragraf berikut!
(1) Kesuksesan berangkat dari keluarga. 2) Dari keluargalah seseorang dibentuk karakternya. 3) Namun dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam mendidik anak. 4) Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, anak yang nakal, dan masih banyak lagi. 5) Hypnoparenting adalah salah satu solusi bagi para prang tua yang menemui kesulitan tersebut.
Pandangan penulis pada teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor …
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawaban : e
Dari keempat kalimat tersebut, yang menyatakan pendapat atau opini adalah kalimat  5 karena kebenaran informasi tersebut hanya menurut pendapat seseorang (penulis).

Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kalimat

Teks Cerita Sejarah

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Ejaan