Featured Post

Pengertian Gurindam

Image
Gurindam adalah salah satu jenis puisi Melayu lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Baris pertama menyatakan perbuatan dan baris kedua menyatakan akibat yang timbul dari perbuatan tersebut. Gurindam berasal dari India yang memiliki makna suatu sajak dua baris seuntai, serupa dengan pantun kilat. Menurut KBBI, gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, misalnya baik-baik memilih kawan, salah-salah bisa jadi lawan (KBBI, 2008: 469). Sama halnya seperti karya sastra lainnya, gurindam bertujuan sebagai sarana pendidikan dan hiburan. Ciri-ciri Gurindam Terdiri atas dua baris/larik dalam satu bait Rima akhirnya berpola a-a Sempurna hanya dengan dua baris saja Baris pertama berisi sebab (perbuatan) dan baris kedua berisi akibat Berisi nasihat dan bersifat mendidik Jenis-jenis Gurindam Gurindam berangkai Gurindam ini diawali dengan kata yang sama pada baris pertama setiap baitnya. Contohnya, Hiduplah dengan menaati aturan Hiduplah dengan menghargai saran G

Teks Anekdot

Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan publik, politik, lingkungan, dan sosial.
Pernah membaca sebuah cerita singkat yang berisi tentang guyonan atau berbau humor tetapi menjurus kepada ‘kritik’?
Cerita singkat tersebut ialah teks anekdot atau anekdot.
Tidak hanya berbentuk cerita, pengertian teks anekdot juga dapat berbentuk dialog singkat antara dua tokoh.
Teks anekdot sendiri tentunya selain untuk memberi humor, teks tersebut juga harus memuat amanat, pesan moral ataupun kebenaran secara umum. Nah itu pengertian teks cerita anekdot.

Struktur teks anekdot
Selain itu, sebuah teks dengan bentuk anekdot juga memiliki struktur yang berbeda. Fungsi dari adanya struktur teks anekdot ialah: untuk membuat teks menjadi lebih rapi dan sesuai, juga benar-benar berbentuk.
Struktur tersebut ada lima macam dan wajib dimasukan dalam sebuah teks dengan bentuk anekdot. Struktur teks anekdot antara lain Abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda.
1. Abstraksi
Abstraksi menjadi struktur teks humor paling awal yang ada dalam sebuah teks bernama anekdot.
Abstrak ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca dapat membayangkan.
2. Orientasi
Orientasi merupakan awal kejadian pada cerita atau juga bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita dapat terjadi.
3. Krisis
Struktur teks anekdot berikutnya adalah Krisis.
Krisis merupakan bagian yang menjelaskan mengenai pokok masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa. Atau bahkan terjadi pasa penulisnya sendiri.
4. Reaksi
Reaksi berhubungan besar dengan struktur krisis.
Reaksi adalah bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakna cara-cara yang juga unik dan berbeda.
5. Koda
Seperti penutup, struktur teks anekdot yang terakhir ialah Koda. Koda merupakan bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

Ciri-ciri teks anekdot
salah satu ciri teks anekdot ialah humoris
Supaya kamu dapat membedakannya dan lebih mengerti tentang pengertian teks anekdot seperti apa, coba pahami juga ciri-ciri teks anekdot di bawah ini:
1. Berupa teks yang mendekati perumpamaan
Perumpaan pada sebuah teks dengan struktur anekdot mendekati bentuk sebuah dongeng.
Layaknya karangan cerita berdasarkan imajinasi dan ditambah dengan segala hal yang bersifat nyata atau benar-benar terjadi di masayarakat.
2. Menampilkan tokoh-tokoh atau figure yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau juga orang penting
Biasanya pada sebuah teks anekdot terdapat tokoh atau figure yang ada dalam dunia nyata dan mudah kita temui dalam keseharian.
Contohnya seperti orang-orang pemerintahan, anggota keluar, dan lainnya.
3. Memiliki sifat humoris, lucu, menggelitik, dan berbau lelucon tapi menyindir
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teks yang berupa anekdot memang dibuat untuk memberi kritik dengan cara yang berbeda.
Semacam guyonan yang sengaja dibuat dengan tujuan tertentu seperti menyindir. Biasanya menyindiri di sini berkaitan dengan isu sosial dalam negeri yang sudah menjadi rahasia umum.
4. Terselip kritikan atau tujuan
Mungkin ini juga dapat menjadi salah satu tujuan dari dibuatnya sebuah teks berbentuk anekdot, di mana pembuatnya akan menyelipkan kritik dengan cara yang lebih lucu dan mampu diterima oleh masyarakat.

Kaidah teks anekdot
Selain adanya struktur dan ciri-ciri teks anekdot dalam sebuah teks dalam bentuk anekdot juga memilii kaidah teks anekdot ataupun kaidah bahasa teks anekdot dimana juga dipakai sebagai pegangan menulis cerita.
Apa saja kaidah-kaidah tersebut?
Kaidah-kaidahnya sebagai berikut:
1. Memakai pertanyaan dengan keterampilan bahasa yang kreatif dan efektif atau retorik.
2. Menulis sesuai struktur yaitu diawali dengan bagian abstrak dan diakhir dengan bagian koda.
3. Menyatakan peristiwa serta bagian dari peristiwa menggunakan konjungsi.
4. Memakai kata keterangan waktu lampau.
5. Memakai kata predikat atau kata kerja.
6. Memakai kalimat yang berbau peritah.
7. Dibuat secara berurut dan kronologis.

Contoh teks Anekdot :

Teks 1

Jiwa sosialita

Di sebuah kompleks perumahan, ada dua remaja yang bernama Vina dan Rani. Keduanya telah berteman lama dari kecil. Mereka selalu bersama sampai-sampai sekolah pun harus bersama. Akan tetapi keduanya memiliki sifat yang berbeda. Vina adalah gadis yang berkecukupan namun tidak suka memamerkan harta, sedangkan Rani sebaliknya suka memamerkan kekayaan di sosial media.
Rani : “Vi, pinjam bajumu yang kamu beli kemarin dong, aku mau foto-fotoan terus aku posting di instagram aku.”
Vina : “Tapi kan Ran, aku baru aja beli bajunya, sedangkan aku yang punya aja belum sempat dipakai. Masa kamu duluan yang pakai?”
Rani : “Pinjam baju saja pelit sekali kamu ini Vin. Kita sudah sahabatan lama tapi meminjamkan saja tidak mau, apalagi kalau aku minta”
Dengan berat hati, Vina kemudian menyerahkan baju baru yang dibelinya kemarin kepada Rani. Rani pun menggunakan baju baru Vina untuk berfoto dan mengunggahnya ke sosial media. Tak lama kemudian, seseorang mengkomentari foto Rani.
Komentator : “Rani pinjam bajunya Vina ya? Kok di akunnya Vina ada postingan Vina lagi beli baju yang dipakai sama Rani?”
Rani langsung menghapus foto yang baru saja diunggahnya.
Teks 2

Ibu pejabat sosialita

Suatu malam ketika dua orang kakak beradik dengan menonton acara favorit mereka di televisi yang menayangkan perkumpulan istri pejabat yang sedang bercerita mengenai pengalaman mereka berlibur ke luar negeri bersama-sama, terjadi percakapan antara kakak beradik tersebut. Si adik yang masih polos bertanya pada si kakak yang sedang duduk di dekatnya.
Adik : “Kak, mereka siapa?”
Kakak : “mereka istri pejabat Indonesia dek. Lihat yang pakai baju merah itu istri ketua DPR, yang pakai tas kuning itu istri menteri, yang pakai celana hitam itu istri anggota mahkamah umum, dan yang memakai baju ungu itu istri seorang wakil DPR. Lihat mereka semua menggunakan pakaian dan perhiasan yang sangat mewah. Mereka semua menggunakan barang ekspor”.
Adik : “Memangnya kenapa kak kan hak mereka pakai barang-barang bermerek?”
Kakak : “Jelas saja tidak menunjukkan moral yang baik. mereka kan istri pejabat, harusnya lebih bijaksana. Lihat saja rambut mereka diwarnai padahal usia sudah dewasa tentu sudah tahu mana yang baik dan benar”
Adik : “Kakak tidak tahu ya, mereka kemarin ke luar negeri pergi konser. Kalau konser tentu pakaian mereka harus menarik”
Si kakak tertawa geli mendengar celotehan si adik.

Comments

Popular posts from this blog

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Kalimat

Teks Cerita Sejarah

Mengidentifikasi Kesalahan Penggunaan Ejaan